Akan Buka Poliklinik Forensik, RSUD Adakan Seminar Pengenalan Tentang Forensik dan Medikolegal

 

Kota Bekasi – RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi merupakan satu-satunya Rumah Sakit milik Pemerintah Kota Bekasi terus berusaha meningkatkan pelayanan untuk masyarakat dengan menambah layanan baru yakni layanan poliklinik forensik dan medikolegal yang akan segera di buka rabu (19/6/2019) mendatang.

 

Untuk memberikan pengetahuan tentang poliklinik forensik dan medikolegal jajaran pelayanan melalui instalasi diklat mengadakan seminar kedokteran forensik dan medikolegal dengan tema “mengenal lebih dalam kedokteran forensik dan medikolegal menuju pelayanan terpadu dan terintegrasi” ke pegawai RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi.

 

Wakil Direktur Pelayanan Drg. Tetty D.S. Manurung, M.Si yang membuka seminar ini mengatakan layanan poliklinik forensik yang akan dibuka RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi ini merupakan yang pertama di Jawa Barat.

 

“Untuk layanan poliklinik forensik dan medikolegal ini berada di lantai 3 gedung B dan ada 2 dokter spesialis forensik yang akan melayani yaitu dr. Zulhasmar Syamsu, S.H., Sp.FM dan dr. Stephanus Rumancay, M.H., Sp.FM”, terangnya.

 

Sementara itu Kepala Instalasi Diklat dr. Yasni Rufaidah Z, M.Kes mengatakan kegiatan seperti ini merupakan program siang klinik dari instalasi diklat dan nantinya akan dilaksanakan secara rutin terkait refresh pengetahuan medis ataupun isu-isu yang berkembang seputar pelayanan kesehatan.

 

 

Pada saat yang sama Kepala Seksi Pelayanan Medis dr. Librianti mengungkapkan pengembangan layanan RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid dengan membuka poliklinik forensik dan medikolegal ini adalah salah satu upaya dalam memaksimalkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid.

 

“Kita memiliki SDM yang sangat luar biasa yakni kita memiliki dua dokter spesialis forensik, yang mana Rumah Sakit Swasta di Kota Bekasi tidak memilikinya, jadi mutiara-mutiara inilah yang kita tonjolkan untuk melayani masyarakat”, sambungnya.

 

Lebih lanjut dr. Librianti mengatakan klinik ini dibuat untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada pasien-pasien yang ingin menjalani pemeriksaan visum, sehingga pasien tidak mengantri dengan pasien lainnya diluar pasien visum.

 

 

dr. Stephanus Rumancay, M.H., Sp.FM yang menjadi narasumber dari kegiatan ini mengungkapkan bentuk pelayanan kedokteran forensik dan medikolegal di RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi meliputi forensik klinik, forensik patologik, identifikasi forensik, pelayanan konsultasi medikolegal, pelayanan kamar jenazah, dan pemulasaraan jenazah.

 

“Untuk beberapa pelayanan seperti forensik ekstramural, pelayanan penyediaan cadaver, krematorium, pendidikan dan pelatihan saat ini belum bisa dilakukan di RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid”, tutupnya. (Oji – HPI)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *