Aparatur RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Ikut Deklarasi Membumikan Pancasila di Kota Bekasi

Kota Bekasi – Selasa (3/3/2020) Dalam Rangka HUT ke 23, Pemerintah Kota Bekasi mengadakan kegiatan deklarasi membumikan pancasila di Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi.

Kegiatan ini dihadiri oleh lebih dari 40.000 peserta dari berbagai kalangan mulai dari pejabat negara, Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Bekasi, tokoh agama, tokoh masyarakat, organisasi masyarakat, pelajar SLTP dan SLTA hingga Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Mengenakan pakaian adat riau, sebanyak 222 ASN dan Non ASN RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi berkumpul di tribun gate 13 stadion patriot candrabhaga untuk ikut mendeklarasikan membumikan pancasila di Kota Patriot Bekasi.

Dengan lantang seluruh peserta mengumandangkan deklarasi membumikan pancasila di Kota Bekasi yang menyerukan :

  1. Kami patriot pancasila Kota Bekasi berikrar mengaktualisasikan nilai-nilai pancasila melalui kegiatan nyata, untuk menjaga persatuan dan kesatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  2. Kami patriot pancasila Kota Bekasi berikrar mengaktualisasikan nilai-nilai pancasila melalui keteladanan dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.
  3. Kami patriot pancasila Kota Bekasi berikrar mengaktualisasikan nilai-nilai pancasila melalui proses pembelajaran kepada masyarakat untuk memahami, menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai pancasila.

Kegiatan deklarasi membumikan pancasila ini dibalut dengan tema ‘Malangkah Bersama Membumikan Pancasila di Kota Patriot Bekasi dalam Bingkai NKRI’.

Keragaman budaya Indonesia pada kegiatan ini sangat terasa dengan peserta deklarasi yang mengenakan pakaian adat beragam dari seluruh wilayah indonesia.

Kegiatan dibuka dengan penampilan paduan suara serta tarian kolosal nusantara dan ditutup dengan sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudi Lathif setelah deklarasi membumikan pancasila di Kota Bekasi dikumandangkan.

Dalam sambutannya Ketua Dewan BPIP menerangkan ideologi bangsa Indonesia adalah satu yaitu pancasila, tidak mungkin bangsa yang besar seperti Indonesia ini bisa berdiri kokoh jika ideologinya berbeda-beda.

Sebelumnya Wali Kota Bekasi dalam sambutannya menyampaikan pentingnya revitalisasi dan aktualitas pancasila khususnya di Kota Bekasi untuk menumbuhkan rasa kepedulian, persatuan dan kesatuan sosial.

Wali Kota Bekasi berpesan agar kita harus tetap mempertahankan ideologi pancasila sebagai bahan landasan di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) khususnya di Kota Bekasi ini, sebagaimana yang pernah diucapkan Presiden Soekarno ‘NKRI HARGA MATI’. (Oji – HPI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *