Cita-citakan RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Menjadi Green Hospital, Direktur Gelar Sosialisasi Rumah Sakit Ramah Lingkungan

Kota Bekasi – Direktur RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi dr. Kusnanto Saidi, MARS bercita-cita menjadikan RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi menjadi Rumah Sakit yang ramah lingkungan (Green Hospital).

Tahap awal untuk mewujudkan cita – cita tersebut adalah dengan mendatangkan narasumber yang pernah mendapatkan penghargaan Juara Nasional Taman Rumah Sakit yaitu dr. H. Soeparman Sidik untuk memberikan Sosialisasi tentang Green Hospital.

Dalam paparannya dr. H. Soeparman menerangkan tahun 2018 lalu Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan Pedoman Rumah Sakit Ramah Lingkungan (Green Hospital) di Indonesia, dengan demikian kedepannya menjadi suatu keharusan rumah sakit di Indonesia menjadi rumah sakit yang ramah lingkungan.

Lebih lanjut dr. Soeparman menerangkan tujuan dari dikeluarkannya pedoman tersebut adalah untuk memberikan gambaran dan panduan bagi pengelola rumah sakit dalam menerapkan prinsip-prinsip rumah sakit dan penerapannya.

“Tujuan dari penerapan prinsip ramah lingkungan di rumah sakit adalah melindungi kesehatan para penghuni gedung, melindungi kesehatan masyarakat sekitar, melaksanakan tindakan pencegahan akibat meningkatnya angka kesakitan dan kematian, efisiensi penggunaan sumber daya rumah sakit, dan berkontribusi dalam mengendalikan dan mencegah perubahan iklim dan pemanasan global”, terangnya.

Selain mempresentasikan tentang green hospital, dr. Soeparman juga memberikan instrumen penilaian mandiri implementasi green hospital sebagai pra-syarat kelayakan penilaian implementasi green hospital.

Disela-sela presentasi dr. Soeparman mempraktekkan cara pembesaran bunga anggrek dari mulai bibit, pemisahan bibit, perawatan hingga pembesaran yang membutuhkan waktu selama satu tahun untuk menjadi tanaman bunga anggrek seperti yang banyak dijual.

Direktur RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi didampingi Wakil Direktur Pelayanan dan Wakil Direktur Umum dan Keuangan beserta tim melakukan telusur lapangan bersama narasumber untuk mengetahui bagaimana cara menata dan memilih jenis tanaman yang sesuai untuk ditanam di RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi.

Dari hasil konsultasi dengan narasumber Direktur RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid berecana akan membentuk tim, membuat site plan taman, membuat regulasi, hingga mengajukan penganggaran kegiatan rumah sakit ramah lingkungan (green hospital). (Oji – HPI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *