Dinkes Provinsi Acungi Jempol Instalasi Promosi Kesehatan RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid

Kota Bekasi – Selasa (18/12/2018) Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat didampingi Dinas Kesehatan Kota Bekasi meninjau Instalasi Promosi Kesehatan RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi dan beberapa rumah sakit swasta yang ada di Kota Bekasi.

Pemantauan singkat ini diterima langsung oleh Kepala Instalasi Promosi Kesehatan Rumah Sakit (IPKRS) RSUD dr. Chabsullah Abdulmadjid Kota Bekasi dr. Hera Agustina, MKM di Ruang IPKRS Gedung B.

Ibu Nok Aen dari Dinas Kesehatan Jawa Barat mengapresiasi Instalasi Promosi Kesehatan RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi yang memiliki ruangan hingga memiliki bengkel media sendiri.

“dibeberapa rumah sakit yang pernah saya kunjungi, sedikit sekali rumah sakit yang memperhatikan instalasi promosi kesehatan, terlebih dalam hal tempat, rata-rata di rumah sakit lain belum tersedia tempat apalagi memiliki bengkel media seperti di sini”, kagumnya.

“Saya juga mengapresiasi rekan-rekan yang terlibat dalam Promosi Kesehatan di RSUD ini telah menjalankan program yang cukup lengkap dari mulai penyuluhan di rumah sakit sampai dengan terjun ke Posyandu, Posbindu dan Taman Kanak-kanak”.

Lebih lanjut Ibu Nok Aen menjelaskan indikator keberhasilan promosi kesehatan adalah untuk mengubah perilaku masyarakat berbudaya hidup sehat, dari rumah sakit yang awalnya sakit menjadi sehat dan mempertahankan kesehatannya.

“Sebenarnya tujuan kedatangan kami kesini bukan untuk sidak, tetapi untuk mngetahui sejauh mana PKRS di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi sudah berjalan”, tutupnya.

Sementara itu Direktur RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi dr. Kusnanto Saidi, MARS mengungkapkan dirinya telah membentuk tim kreatif RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi, tugas dari tim kreatif salah satunya untuk membuat konten-konten promosi kesehatan.

Pemantauan ini meliputi peninjauan dokumen – dokumen yang terkait dengan promosi kesehatan seperti regulasi promosi kesehatan, program kerja yang telah dilaksanakan sampai dengan rencana yang akan dilaksanakan, dan peninjauan lapangan terkait media-media yang digunakan dalam promosi kesehatan. (Oji – HPI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *