Direktur Buka Pelatihan BTCLS

Kota Bekasi – Direktur RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi dr. Kusnanto, MARS membuka kegiatan pelatihan Basic Trauma & Cardiac Life Support (BTCLS) yang diadakan berkat kerjasama RSUD dengan Emergensi Medikal Training (EMC), Senin (29/10/2018).

Dalam sambutannya direktur mengucapkan terima kasih kepada Instalasi Diklat karena setelah diketuai dr. Yasni Rufaidah Z, M.Kes banyak sekali kegiatan pelatihan, seminar maupun workshop yang diselenggarakan di RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi.

Sementara itu Egi mulyadi S.Kep, Ners, M.Kep selaku Instructure dari EMC mengatakan dari kegiatan ini peserta akan mendapatkan 3 sertifikat BTCLS yaitu dari kementrian kesehatan bernilai 1 SKP, Sertifikat dari Organisasi profesi Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) bernilai 4 SKP, dan Sertifikat dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) bernilai 5 SKP.

“Semua sertifikat bisa didapat seluruh peserta dengan syarat mendapatkan nilai minimal 80 dari ujian post test dan ujian skill yaitu BHD, EKG, Elektical Therapi, Inisial assessment, Choking dewasa anak bayi, AED, Estrikasi stabilisasi tranportasi”, lanjutnya.

Ketua panitia kegiatan BTCLS yang sekaligus sebagai kepala ruangan ICCU RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi Heppy Sulistyowati, AMK mengatakan jumlah peserta pada pelatihan ini berjumlah 25 peserta diantaranya dari RSUD dan dari luar RSUD.

“Kegiatan ini berlangaung selama lima hari, dari hari senin sampai hari jumat, dan sertifikat yang dikeluarkan bisa digunakan sebagai syarat TKHI (Tenaga Kesehatan Haji Indonesia)”, tutupnya.

Dalam kegiatan ini terdapat 14 materi pelatihan diantaranya :

  1. SPGDT (Sistem Penanganan Gawat Darurat Terpadu).
  2. BLC (Building Learning Commitment).
  3. Pengelolaan Airway Breathing.
  4. Pengelolaan Gangguan Sirkulasi.
  5. Penilaian Awal.
  6. Kegawatdaruratan Kardiovaskuler dan ECG.
  7. Biomekanika Trauma.
  8. Trauma Muskuloskeletal.
  9. Trauma Kepala, Abdomen, Thorax dan Thermal.
  10. Triage Pasien.
  11. Gawat Darurat dan Bencana korban masal.
  12. BHD (Bantuan Hidup Dasar).
  13. Penanggulangan Shock.
  14. Legal Aspeh Kegawatdaruratan.

(Oji – HPI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *