Direktur RSUD Dampingi Tim Penilai Standar Pelayanan Publik Kementerian PANRB

Kota Bekasi – Rabu (7/8/2019) pagi RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi kedatangan tamu tim penilai standar pelayanan  publik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB) yang diwakili oleh Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat.

 

Direktur RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi dr. Kusnanto Saidi, MARS didampingi Dewan Pengawas beserta Wakil Direktur Pelayanan dan Wakil Direktur Umum dan Keuangan RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi menerima langsung tim penilai di ruang kerjanya.

 

Dua orang penilai dari Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat diwakili oleh Kepala Bagian Ketatalaksanaan Biro Organisasi Provinsi Jawa Barat Lilis Farida Sugiharti, S.H., M.Si dan Astri didampingi Kepala Sub Bagian Tata Laksana Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Bekasi Nur Laela Puspita Sari S.STP., M.Si

 

Lilis Farida mengungkapkan penilaian pelayanan publik ini dilaksanakan setiap tahun, penilaian tahun lalu Kementerian PANRB menggandeng Lembaga Administrasi Negara (LAN) untuk mengevaluasi unit penyelenggara pelayanan publik  dan untuk tahun ini Kementerian PANRB mempercayakan evaluasi ini kepada Pemerintah Provinsi.

 

“Untuk di Provinsi Jawa Barat sendiri ada sebanyak 13 Kabupaten/Kota yang harus dievaluasi tentang pelayanan publik, di Biro Organisasi Provinsi Jawa Barat sendiri yang diterjunkan untuk melakukan evaluasi sebanyak 6 orang termasuk didalamnya Kepala Biro yang terjun langsung ikut mengevaluasi”, lanjutnya.

 

“Di Kota Bekasi sendiri ada 3 Unit Penyelenggara Pelayanan Publik yang harus kami datangi untuk evaluasi yakni RSUD, Disdukcapil, dan Polres selama 2 hari mulai kemarin, dan kemarin kami sudah ke Disdukcapil, untuk jadwal hari ini adalah ke RSUD lalu ke Polres”, terangnya.

 

Lebih lanjut Lilis Farida menjelaskan yang dinilai dalam pelayanan publik adalah Kebijakan Pelayanan yaitu ada standar pelayanannya seperti apa sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 15 tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan.

Wakil Direktur Pelayanan drg. Tetty D.S Manurung, M.Si mengungkapkan banyaknya inovasi dari RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi di tahun 2019 ini diantaranya adalah adanya pendaftaran online, adanya pengantaran obat gratis ke rumah pasien yang dinamakan Siap Antar Obat (Si-Taro), dan baru saja dibukanya Poli Forensik dan Medikolegal pertama di Jawa Barat.

 

Ketua Dewan Pengawas RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi Drs. Hamonangan Simarmata, MM mengungkapkan “kami siap untuk berdiskusi dan memperbaiki hal-hal yang kurang dalam pelaksanaan evaluasi yang akan dilaksanakan nanti”.

Pelaksanaan Evaluasi di mulai dengan telaah dokumen yang telah diinput dalam sistem SIPP sesuai dengan Form F-01, kemudian survey lapangan ke IGD dan gedung B didampingi langsung oleh Direktur RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi. (Oji – HPI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *