Hari Kedua Penilaian Akreditasi, KARS Telusur Langsung Layanan RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid

Kota Bekasi – Selasa (22/10/2019) merupakan hari ke dua penilaian akreditasi rumah sakit di RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi yang dijadwalkan selama 5 hari mulai 21 -25 Oktober 2019.

Penilaian hari kedua dimulai dengan pemaparan hasil dari telaah regulasi dan dokumen oleh Surveior Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) kepada Direksi dan kelompok kerja (Pokja) Akreditasi untuk diklarifikasi.

Dari hasil tersebut Tim surveior KARS menyepakati untuk menerima kelengkapan dari kekurangaan paling lambat hari jumat sebelum exit conference.

Direktur RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi dr. Kusnanto Saidi, MARS yang menanggapi hasil dari penilaian hari pertama percaya kepada tim Pokja Akreditasi yang dibentuknya dapat melengkapi kekurangan demi meraih gelar paripurna bagi RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi.

Setelah pemaparan hasil penilaian hari pertama, kegiatan dilanjutkan dengan telaah Kompetensi dan Kewenangan Staf dengan cara mewawancarai dan melihat dokumen kepegawaian staf medis, keperawatan dan medis lainnya.

Kegiatan selanjutnya Wawancara Komite Medis, Pimpinan Medis, Komite Keperawatan, Pimpinan Keperawatan dan kegiatan diakhiri dengan telusur ke lapangan.

Pada kegiatan telusur lapangan dr. Hardjanto, Sp.B, MARS yang merupakan salah satu dari tim surveior mengungkapkan prinsip dari Akreditasi adalah keselamatan pasien, keselamatan pemberi layanan kesehatan, dan keselamatan rumah sakit.

Penilaian Akreditasi yang sedang dilaksanakan di RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid adalah Akreditasi Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) edisi 1 oleh KARS yang merupakan lembaga pelaksana akreditasi yang ditunjuk oleh Kementrian Kesehatan sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan nomor 428/MENKES/SK/XII/2012 tentang penetapan lembaga independen pelaksana akreditasi rumah sakit di Indonesia.

Akreditasi Rumah Sakit merupakan suatu pengakuan yang diberikan oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit pada manajemen rumah sakit, karena telah memenuhi standar yang ditetapkan. (Oji – HPI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *