KEGIATAN FINALISASI DOKUMEN PETA PROSES BISNIS PERANGKAT DAERAH

Dalam Rangka Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Kota Bekasi Tahun 2021 Oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Untuk Finalisasi Dokumen Peta Proses Bisnis Pada Perangkat Daerah Dilaksanakan Selama 2 Hari. Rapat dilaksanakan pada tanggal 2 September dan 8 September 2021, bertempat di Ruang Rapat Wakil Wali Kota Pemerintah Kota Bekasi.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 19 Tahun 2018 Tentang Penyusunan Peta Proses Bisnis Instansi Pemerintah, sebagai Acuan bagi Instansi Pemerintah untuk menggambarkan hubungan kerja secara efektif dan efisien antar unit organisasi untuk menghasilkan kinerja sesuai dengan tujuan pendirian organisasi agar menghasilkan keluaran yang bernilai tambah bagi pemangku kepentingan.

Tujuan penyusunan peta proses bisnis agar setiap instansi pemerintah :

  1. Mampu melaksanakan tugas dan fungsi secara efektif dan efisien;
  2. Mudah mengkomunikasikan baik kepada pihak internal maupun eksternal mengenai proses bisnis yang dilakukan untuk mencapai visi, misi, dan tujuan;
  3. Memiliki aset pengetahuan yang mengintegrasikan dan mendokumentasikan secara rinci mengenai proses bisnis yang dilakukan untuk mencapai visi, misi, dan tujuan.

Manfaat dari peta proses bisnis adalah:

  1. Mudah melihat potensi masalah yang ada di dalam pelaksanaan suatu proses sehingga solusi penyempurnaan proses lebih terarah;
  2. Memiliki standar pelaksanaan pekerjaan sehingga memudahkan dalam mengendalikan dan mempertahankan kualitas pelaksanaan pekerjaan.

Penyusunan Probis OPD dilakukan pendampingan dari Bagian Organisasi Pemda Kota Bekasi, RSUD dr.Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi termasuk dalam 14 OPD ikut dalam Menyusun Probis OPD Bersama. Pada umumnya semua Probis OPD masih dalam tahap revisi berpedoman pada Probis Kota Bekasi. (dr.Maryam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *