Kenali dan Cegah HIV AIDS

Tanggal 1 Desember merupakan Hari AIDS sedunia yang mana jumlah penderita HIV AIDS terus melonjak setiap tahunnya di Indonesia, berkenaan hal tersebut Instalasi Promosi Kesehatan RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi akan membahas tentang HIV AIDS.

Acquired Immuno Deficiency Syndrome atau lang lebih dikenal dengan AIDS merupakan sekumpulan gejala yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia setelah sistem kekebalan tubuhnya dirusak oleh virus yang disebut HIV.

Sedangkan HIV (Human Immunodeficiency Virus) sendiri adalah infeksi virus yang secara progresif mengahancurkan sel-sel darah putih dan menyebabkan AIDS.

Beberapa tanda gejala HIV / AIDS yakni :

  1. Penurunan berat badan dengan cepat. penurunan berat badan ini biasanya tanpa ada sebab yang jelas.
  2. Diare yang tak kunjung sembuh. bila kita menjumpai seseorang yang mengalami diare berkepanjangan dan telah mendapatkan berbagai macam pamberian obat ataupun antibiotik belum juga sembuh, maka hal ini patut kita curigai dan waspada bahwasannya seseorang tersebut tengah menderita salah satu gejala HIV.
  3. Demam dan flu yang tidak kunjung sembuh.
  4. Cepat merasa lelah, karena jenis virus menyerang sistem kekebalan tubuh maka penderita HIV AIDS ini akan cepat merasakan lelah walaupun dalam aktifitas yang tak terlalu banyak.

Cegah HIV dengan A B C D E, yaitu :

  • Absen hubungan seks saat jauh dari pasangan.
  • Be Faithfull (Setia) tidak gonta-ganti pasangan.
  • Condom, Memakai kondom saat melakukan.
  • Drugs, Tidak mengkonsumsi narkoba.
  • Edukasi dengan aktif mencari informasi yang benar.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dilakukan :

SituasiYang Perlu Dilakukan
Jika belum pernah melakukan Perilaku beresikoPertahankan perilaku aman dengan cara tidak melakukan hubungan seks beresiko atau menyuntik narkoba
Jika sudah pernah melakukan perilaku beresikoLakukan tes HIV segera!
Jika tes HIV hasilnya NEGATIFjaga perilaku amanmu dari hal-hal yang beresiko menularkan HIV
Jika tes HIV hasilnya POSITIFSelalu gunakan kondom saat berhubungan seksual. Patuhi petunjuk dokter dan minum ARV. Hidupmu akan tetap produktif walaupun positif HIV
Jika mengenal orang positif HIVBersikap wajar, tidak mendiskriminasi dan memberi cap buruk, sebaiknya berikan dukungan
Jika berinteraksi dengan orang yang positif HIVTidak perlu takut tertular karena sentuhan, keringat ataupun berbagi makanan. HIV hanya menular melalui cairan kelamin dan darah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *