Komite Keperawatan Sosialisasikan “Nursing Staff by Law” Kepada Perawat dan Bidan RSUD CAM

Kota Bekasi – Komite Keperawatan RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi melaksanakan sosialisasi Nursing Staff Bylaw (NSBL) atau Peraturan Internal Staf Keperawatan dengan sasaran perawat dan bidan RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi, Selasa (21/9/2021).

Kegiatan yang dilaksanakan di aula lantai 8 gedung A RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid ini dihadiri oleh Kepala Bidang Keperawatan, Kepala Seksi Asuhan Keperawatan, Kepala Seksi Pengembangan Mutu Keperawatan, perwailan kepala ruang dan ketua tim ruang rawat inap, kepala ruang IGD, kepala ruang hemodialisa, koordinator rawat jalan, dan instalasi diklat.

Peraturan Internal Staf Keperawatan merupakan aturan yang mengatur tata kelola klinis untuk menjaga profesionalisme tenaga keperawatan di Rumah Sakit.

Ketua Komite Keperawatan RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi Ns. Mulyono, S.Kep mengungkapkan tujuan peraturan internal staf keperawatan adalah agar Komite Keperawatan dapat menyelenggarakan tata kelola klinis yang baik atau good clinical governance melalui mekanisme kredensial, peningkatan mutu profesi, dan penegakan disiplin profesi.

“Selain itu peraturan internal staf keperawatan juga bertujuan untuk memberikan dasar hukum bagi mitra bestari atau peer group dalam pengambilan keputusan profesi melalui Komite Keperawatan”, ungkapnya.

“Putusan itu dilandasi semangat bahwa hanya staf keperawatan yang kompeten dan berperilaku profesional sajalah yang boleh melakukan asuhan keperawatan di rumah sakit”, tambahnya.

“Dari peraturan internal staf keperawatan yang menjadi regulasi sebagai acuan pelaksanaan pelayanan keperawatan dan kebidanan di RSUD dr. Chabsullah Abdulmadjid Kota Bekasi ini kemudian diturunkan ke pedoman kerja, panduan pelaksanaan kerja, serta standar operasional prosedur”, tutupnya.

Dalam kegiatan ini selain mensosialisasikan peraturan internal staf keperawatan Komite Keperawatan juga mensosialisasikan White Book dan Panduan Asuhan Keperawatan (PAK). (Oji-HPI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *