ppirs

Komite PPIRS Adakan Acara Workshop Konsep HAIs & Kewaspadaan Isoasi

Kota Bekasi – Selasa (11/4) Komite Pencegahan dan Pengendalian Infeksi Rumah Sakit (PPIRS) mengadakan acara workshop konsep HAIs & Kewaspadaan Isolasi kepada Perawat RSUD dr.Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi di Hall B gedung B RSUD.

Acara yang dihadiri oleh sekitar 50 perawat ini dibuka oleh Wakil Direktur Pelayanan Medik drg.Tetty Dalima Sabrina Manurung,S.Si yang menyampaikan bahwa Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) merupakan standar utama penilaian akreditasi dan termasuk kedalam Standar Pelayanan Minimal (SPM) Bidang Kesehatan yang dikeluarkan oleh Kementrian Kesehatan.

“diharapkan seluruh petugas kesehatan dapat meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat dengan menurunkan angka infeksi dengan cara cuci tangan sebelum kontak dengan pasien, sebelum melakukan tindakan aseptik, sesudah kontak dengan cairan tubuh pasien, sesudah kontak dengan pasien, dan sesudah kontak dengan lingkungan pasien, yang dikenal juga sebagai 5 momen kebersihan tangan”, lanjutnya.

Ketua PPIRS dr.Anthony D Tulak,Sp.P, FCCP mengatakan bahwa RSUD telah berhasil meraih Akreditasi Tingkat Utama, itu semua hasil kerja keras semua unsur di Rumah Sakit, salah satunya adalah dengan cara penanggulangan pencegahan infeksi di Rumah Sakit.

Narasumber pertama dalam acara ini adalah Handayani, S,Kp (Menik) dari IPCN (Infection Prevention Control Nurse) / Perawat Pencegah & Pengendali Infeksi ‘E-Care’ membahas tentang Healthcare associated infections (HAIs) / infeksi nosokomial adalah infeksi yang terjadi pada pasien selama perawatan di rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya.

Sedangkan narasumber kedua adalah dr.Anthony D Tulak,Sp.P, FCCP yang menjelaskan tentang Konsep Dasar Kewaspadaan Isolasi, kemudian Acara ini ditutup dengan Workshop Hand Hygiene, Alat Pelindung Diri (APD), Respirasi Hygiene / Batuk Efektif oleh tim dari PPIRS. (Oji – HPI)

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *