podcast_gigi

Meriahkan HKGN 2022, RSUD CAM Berikan Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut Lewat Podcast

Kota Bekasi – Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional Tahun 2022 yang jatuh pada tanggal 12 September 2022 dimanfatkan RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi untuk memberikan edukasi kesehatan seputar gigi dan mulut melalui podcast di media sosial resminya.

drg. Tarman Siahaan, Sp.BM yang merupakan dokter gigi sepesialis bedah mulut menjadi host dan drg. Asri Diah S, Sp.Pros seorang dokter gigi spesialis prostodontist menjadi narasumber dalam podcast ini.

Dalam podcast yang berlangsung selama 20 menit ini membahas tentang mitos dan fakta yang berkembang di masyarakat seputar kesehatan gigi dan mulut.

drg. Asri menjelaskan ada beberapa pasien yang mengaku ketika sakit gigi diobati dengan obat tradisional, misalnya pada gigi yang sakit diberikan suatu minyak, dan biasanya itu hanya meredakan rasa sakit sementara saja, tetap saja yang namanya sakit harus dibawa ke dokter gigi untuk dilihat penyebab sakitnya gigi sehingga bisa diobati dengan tindakan yang tepat.

Lebih lanjut drg. asri mengungkapkan untuk kondisi bau mulut sebenarnya ada berbagai macam faktor, bisa dari gangguan pencernaan, kondisi psikologisnya lagi terganggu atau stres itu mempengaruhi produksi air liur kita sehingga mulut menjadi kering.

“Jika seorang pengguna gigi tiruan, gigi tiruannya tidak pernah dibersihkan akhirnya jadi banyak koloni-koloni bakteri, atau juga bisa dari karang gigi yang menumpuk, dan kebiasaan merokok juga bisa mengakibatkan bau mulut”, terangnya.

“Gigi berlubang dan kebersihan rongga mulut secara keseluruhan juga mempengaruhi terjadinya bau mulut”, ungkapnya.

Ada tips untuk mencegah terjadinya bau mulut yaitu dengan cara sering minum air putih, sehingga rongga mulut tidak kering, kebersihan gigi dan mulut juga harus dijaga, rutin cek ke dokter gigi setiap enam bulan sekali untuk sekedar pembersihan karang gigi hingga penambalan lubang-lubang kecil pada gigi.

Cara menggosok gigi yang benar adalah selalu menggunaan pasta gigi ber-fluoride, sikatlah permukaan gigi memutar dari arah gusi ke gigi, dari depan hingga bagian belakang, sikatlah bagian kunyah gigi dengan gerakan maju mundur, sikat permukaan gigi bagian dalam dengan gerakan memutar dari depan ke belakang, dan terakhir jangan lupa menyikat lidah, karena lidah tempat berkumpul bakteri.

Dalam podcast tersebut drg. tarman dan drg. asri mengingatkan penggunaan sikat gigi harus satu orang satu sikat gigi, atau sikat gigi tidak boleh digunakan bersama-sama walaupun dalam satu keluarga.

Berapa lama sikat gigi perlu diganti? drg. asri menjelaskan tergantung dari kondisi sikat gigi tersebut, jika bulu sikat gigi sudah flexing atau mekar, lalu bulu sikat sudah terlihat kotor atau berubah warna harus diganti.

Pesan dari drg. asri adalah jangan pernah takut mencari solusi terbaik untuk kesehatan kita sendiri, artinya jangan pernah malu untuk ke dokter gigi, dan di RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi sudah ada poliklinik gigi eksekutif dantic didalamnya ada banyak spesialis gigi yang praktek, cari tau informasi lebih lanjut melalui media sosial RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid. (Oji – HPI)

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *