Peringati Hari Farmasi Sedunia, RSUD CAM Adakan Seminar “Long Covid Syndrome”

Kota Bekasi – Hari ini, Sabtu (25/9/2021) merupakan World Pharmacist Day (Hari Farmasi Sedunia) yang mana di tahun 2021 ini bertemakan Pharmacy : Always trusted for your health atau dalam bahasa Indonesia “Apotek : selalu dipercaya untuk kesehatan anda”.

Untuk memperingati hal tersebut, Instalasi Farmasi RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi mengadakan kegiatan Seminar Kefarmasian dengan topik “Long Covid Syndrome“, Sabtu (25/9/2021).

Kegiatan yang dilaksanakan secara daring ini mengundang beberapa narsumber yang berkompeten dibidangnya yakni dr. Anthony D Tulak, Sp.P., FCCP., FIRS yang berprofesi sebagai dokter spesialis paru membahas tentang long covid syndrome, Prof. Dr. Keri Lestari, S.Si., M.Si., Apt seorang Guru Besar Farmakologi dan Farmasi Klinik serta Direktur Utama INJABAR UNPAD mengupas tatalaksana terapi long covid syndrome dari sisi farmasi, dan Asma Hasan, SKM., RD seorang Ahli Gizi yang berbicara tentang nutrisi pendukung terapi long covid.

Direktur RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi dr. Kusnanto Saidi, MARS yang memberikan sambutan dalam kegiatan ini mengatakan kita masih menghadapi pandemi covid19, ada istilah dari ahli yang menamakan long covid syndrome yang berarti sindrom pasca menderita covid-19.

“Dalam seminar ini kami mengundang narasumber atau pembicara terpercaya, salah satunya adalah dari RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi yaitu dr. Anthony D Tulak, beliau merupakan dokter spesialis paru dan merupakan ketua tim kesehatan tingkat Kota Bekasi dalam penanganan covid-19”, terangnya.

Panitia Kegiatan Seminar “Long Covid Syndrome” Riyanto Rakasiwi, S. Farm mengungkapkan Kegiatan ini bekerjasama dengan tiga organisasi profesi diantaranya Perastuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI), Ikatan Apoteker Indoensia (IAI), dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

lebih lanjut ia megatakan tercatat peserta seminar ini berjumlah 491 peserta, dan peserta yang mengikuti kegiatan ini akan mendapat e-sertifikat dengan Satuan Kredit Profesi (SKP) yaitu untuk PAFI 2 SKP, IAI 3 SKP, dan IDI 2 SKP.

Kegiatan dilaksanakan daring dengan menggunakan aplikasi zoom meeting dan live pada kanal youtube resmi RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi. (Oji-HPI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *