Persiapan RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi Sebagai RS Tipe B Pendidikan

Persiapan RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi Sebagai RS Tipe B Pendidikan

Rumah Sakit dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi adalah salah satu badan layanan umum milik Kota Bekasi yang berkomitmen untuk memberikan pelayanan kesehatan yang optimal kepada masyarakat Kota Bekasi pada khususnya dan warga negara Indonesia pada umumnya. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 44 tahun 2009, rumah sakit memiliki beberapa fungsi untuk menunjang terciptanya masyarakat Indonesia yang lebih sehat. Selain kegiatan penyelenggaraan kegiatan pelayanan dan pemulihan kesehatan, rumah sakit juga memiliki fungsi sebagai tempat pendidikan dan pelatihan sumber daya manusia kesehatan.

Dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan untuk mahasiswa, RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi melakukan pembenahan dan perbaikan terhadap pelayanannya diantaranya adalah dengan meningkatkan status RSUD menjadi Rumah Sakit tipe B pendidikan. Berbagai kegiatan sudah dilakukan sampai saat ini untuk mencapai tujuan RS pendidikan, dimulai dengan persiapan internal RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjidj, pra-visitasi RS Pendidikan ke Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Barat (http://www.rsudkotabekasi.net/menuju-rs-pendidikan-rsud-cam-ikuti-pra-visitasi-ke-dinas-kesehatan-provinsi-jabar/), dan juga koordinasi kegiatan pendidikan dengan RSU Universitas Kristen Indonesia (UKI) yang merupakan RS utama (pengampu) dari pelayanan pendidikan kedokteran RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi.

Pada tanggal 17 September 2021, jajaran managemen RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi berkesempatan untuk melakukan koordinasi kegiatan RS pendidikan dengan RS UKI dan diterima oleh jajaran managemen RS UKI. dr. Desi Ria Simanjuntak, M.Kes selaku direktur P4 RSU UKI. Manajemen RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi diwakili oleh Wakil Direktur Umum dan Keuangan ibu Indriati, S.Sos., M.A, Wakil Direktur Pelayanan Medik Dr. dr. Ellya Niken Prastiwi, MKM., MARS.., Kepala bagian Pelayanan Medik Ns. Hamdah, S.Kep., Ketua Timkordik dr. Thomas Harry Adoe, Sp.A.(K), Kepala Instalasi Diklat Litbang DR. Shinta Silaswati, SKp, MSc, dan anggota timkordik (dr. Mas Wishnuwardhana Widjanarko, Sp.A dan apt. Lusiana, MSi). Pada kesempatan ini, dr. Desi mengatakan bahwa beliau menyambut baik kunjungan jajaran menajemen RSUD dan menyatakan kesediaannya untuk membantu dan berkoordinasi RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi di dalam pelaksanaan proses RS pendidikan yang sedang dilakukan RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi maupun dalam kegiatan pendidikan rutin yang sudah dilaksanakan di RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi.

Acara diskusi antara RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi dengan RSU UKI diawali dengan pembahasan materi penilaian RS Pendidikan, terutama pada Standar 2 dan 5 yang banyak berhubungan dengan institusi pendidikan kedokteran. Diskusi berjalan dengan baik dan lancar dimana pembahasan poin pelayanan klinik di-lead oleh dr. Niken dan poin umum dan keuangan dipimpin oleh ibu Indri. Dari hasil diskusi dan pembahasan, didapatkan kesimpulan bahwa akan dilakukan koordinasi lebih lanjut terkait dengan dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk penilaian RS Pendidikan. Next step untuk penilaian RS Pendidikan RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi adalah visitasi lapangan yang akan dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Barat dan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Diharapkan RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi dan RSUD UKI dapat bersinergi lebih tajam dan intens lagi untuk mensukseskan kegiatan penilaian RS Pendidikan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *