Pertunjukan Panggung Boneka Meriahkan Hari Kanker Anak dan Hari Epilepsi Di RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid

Kota Bekasi – Doker Spesialis Anak RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi hari ini Senin (18/2/2019) memperingati Hari Kanker Anak Sedunia yang jatuh pada tanggal 15 Februari setiap tahunnya dan Hari Epilepsi Internasional yang jatuh tanggal 17 Februari setiap tahunnya.

Peringatan hari kanker anak sedunia dan hari epilepsi internasional ini diperingati di dua lokasi yakni di bangsal (ruang rawat) anak dan lobby gedung B RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi.

Kegiatan dimulai dari bangsal anak yang dibuka langsung oleh kepala Kelompok Staf Medis (KSM) dr. Dina Siti D, Sp.A (K) yang menerangkan sekilas tentang kanker dan epilepsi pada anak.

dr. Dina menjelaskan pertolongan pertama yang harus dilakukan jika anak mengalami serangan kejang adalah tetap tenang dan harus selalu didampingi, biarkan serangan berhenti sendiri, kedua jauhkan benda-benda berbaahaya dari anak, ketiga longgarkan segala sesuatu yang melingkari leher dan jangan menahan gerakan anak, keempat perlahan miringkan anak pada saat serangan kejang berhenti untuk mengalirkan ludah dan cairan mulut keluar agar jalan nafas tetap bersih, dan jangan memasukan apapun pada mulut anak.

Dalam kegiatan peringatan di bangsal ini orang tua dan anak yang dirawat diberikan hiburan berupa sajian panggung boneka yang membahas seputar kanker dan epilepsi serta penangannnya.

dr. Mas Wisnuwardhana, Sp.A selaku panitia dalam kegiatan ini mengajak untuk berperilaku CERDIK, perilaku CERDIK yaitu Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap Rokok, Diet sehat dengan kalori seimbang, Istirahat yang cukup, dan Kendalikan stress.

Direktur RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi dr. Kusnanto Saidi, MARS yang menghadiri acara di lobby gedung B sangat mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh dokter spesialis anak ini.

Dalam sambutannya dr. Kusnanto mengatakan selama ini yang ia tau belum pernah ada peringatan perayaan hari kanker anak dan epilepsi di RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid.

“Kita mau menghibur pengunjung yang ada di RSUD sekaligus nanti ada literasi tentang apa itu kanker dan epilepsi”, terangnya.

Menutup sambutannya dr. Kusnanto mengajak para pengunjung untuk salam RSUD yang merupakan moto dari RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi yaitu Ramah, Sigap, Unggul, Dipercaya.

Selain panggung boneka dalam kegiatan ini disuguhkan pula hiburan berupa pentas seni seperti tarian topeng, tarian betawi, dan live muisk. (Oji – HPI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *