RSUD Adakan Pelatihan Dasar Pencegahan dan Pengendalian Infeksi Rumah Sakit

Kota Bekasi – RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi melalui Instalasi Diklat bekerjasama dengan Komite Pencegahan dan Pengendalian Infeksi Rumah Sakit (KPPIRS) mengadakan In House Training Pelatihan Dasar Pencegahan dan Pengendalian Infeksi Rumah Sakit, Jum’at (26/10/2018).

Kegiatan pelatihan dasar PPIRS angkatan ke tiga ini berlangsung di Hall B gedung B RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi dengan jumlah 55 peserta dari berbagai profesi di RSUD.

Infeksi terkait pelayanan kesehatan atau Healthcare Associated Infections/HAIs (dahulu disebut infeksi nosokomial) merupakan masalah serius bagi Rumah Sakit karena dapat menghambat proses penyembuhan dan pemulihan pasien, memperpanjang hari rawat yang berakibat sangat membebani Rumah Sakit maupun pasien.

Oleh sebab itu, rumah sakit harus selalu melakukan upaya pencegahan atau meminimalkan timbulnya kejadian infeksi di Rumah Sakit dan untuk keberhasilan pelaksanaan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) Rumah Sakit diperlukan Tenaga Kesehatan dan Non Kesehatan yang kompeten dan terampil serta memahami konsep PPI.

Ns. Rosmiati,S.Kep sebagai tim dari Komite PPIRS mengatakan tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang upaya Pencegahan dan Pengendalian Infeksi di Rumah Sakit dan HAIs (Healthcare Associated Infections) pada petugas kesehatan di RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid.

“Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari yakni hari ini dan besok, kemudian materi yang diberikan juga cukup banyak diantaranya Konsep Dasar PPI, Program dan Struktur PPI, Konsep Dasar Surveilans Infeksi di RS, Peran dan Fungsi IPCD, IPCN dan IPCLN, Peran Laboratorium dan Mikrobiologi, Konsep Dasar Kewaspadaan Isolasi (Standard dan Transmisi), Manajemen Limbah RS dan Benda Tajam, Konsep dasar dan Praktek Kebersihan Tangan, Konsep Dasar dan Praktek Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD), Pembersihan, Desinfeksi & Sterilisasi, Manajemen Linen dan Laundry di RS, PPI di Pengelolaan Makanan/Unit Gizi, PPI di Ruang Bedah dan Intensive Care, PPI HAIs Infeksi Aliran Darah (IAD), PPI HAIs Saluran Kemih (ISK), PPI HAIs VAP & HAP, PPI HAIs Infeksi Daerah Operasi (IDO), PPI Pelayanan pasien TB dan Ruang Isolasi, Penatalaksanaan Pasien (Tata Cara Merawat Pasien) dengan Penyakit Menular”, lanjutnya.

“Dari sekian banyak materi dibawakan oleh 5 narasumber yaitu saya sendiri, dr. Anthony D Tulak, Sp.P, FCCP, dr. Abas Suherli, Sp.PK, Ns. Gortap Sitohang, S.Kep, MPH, dan Santya Fatma Dewi, SKM”, tutupnya. (Oji – HPI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *