RSUD CAM dan Dinkes Kota Bekasi Berikan Pembekalan Konselor Thalassemia Puskesmas

Kota Bekasi – RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Kota Bekasi mengadakan Kegiatan Pembekalan Konselor Thalassemia dan Program Deteksi Dini Thalassemia untuk tenaga kesehatan, Kamis (16/9/2021).

Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Komite Medik Gedung A RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi ini dihadiri oleh perwakilan 7 Puskesmas dari total 42 Puskesmas yang ada di Kota Bekasi.

7 Puskesmas yang mendapatkan pembekalan konselor thalassemia dan program deteksi dini thalassemia diantaranya Puskesmas Pengasinan, Puskesmas Jati Luhur, Puskesmas Jati Asih, Puskesmas Kranji, Puskesmas Pejuang, Puskesmas Mustika Jaya, dan Puskesmas Karang Kitri.

Wakil Direktur Pelayanan Dr. dr. Ellya Niken Prastiwi, MKM., MARS yang membuka kegiatan ini menyampaikan saat ini RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi memiliki poliklinik thalassemia dengan kapasitas 4 bed dewasa dan 3 bed anak.

Lebih lanjut Wakil Direktur Pelayanan mengatakan “kami siap melayani transfusi darah bagi penderita thalassemia mayor, untuk pelayanan poliklinik thalassemia sendiri buka hari senin sampai dengan jumat dan hari sabtu dikhususkan untuk konsultasi”.

Pada kesempatan yang sama Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) Dinas Kesehatan Kota Bekasi dr. Vevie Herawati, MKM berharap ilmu yang diperoleh dalam kegiatan ini dapat diterapkan di 7 Puskesmas yang hadir dan dapat disebarluaskan ke puskesmas-puskesmas lain yang ada di Kota Bekasi.

dr. Adrienta, Sp.A (K) yang merupakan dokter Sub Sepesialis Thalassemia Anak dan menjadi narasumber pada kegiatan ini menyampaikan Thalasemia adalah kelainan darah yang diturunkan dari orang tua dan kelainan ini membuat penderitanya mengalami anemia atau kurang darah.

“Pada penderita Thalassemia Mayor diperlukan terapi supportif berupa transfusi darah seumur hidupnya”, tutupnya. (Oji-HPI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *