WhatsApp-Image-2022-09-24-at-07.10.55

RSUD CAM Menjadi Salah Satu Penilaian Adipura

Kota Bekasi – Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat melaksanakan telusur lapangan ke RSUD dr. Chabsullah Abdulmadjid Kota Bekasi dalam rangka penilaian Adipura Kota Bekasi, kamis (22/9/22).

Diterima langsung oleh Wakil Direktur Umum dan Keuangan Indriati, S.Sos., M.A tim penilai langsung meninjau beberapa sarana dan prasarana penilaian, dari mulai saluran drainase hingga tempat pembuangan sampah sementara.

Tim penilai pertama kali langsung menuju tempat pengumpulan sampah B3 untuk mengecek sarana, prasarana, dokumen-dokumen pendukung terkait izin, MoU dengan pihak pengelola B3, Manifest, Standar Operasional Prosedur (SOP) serta log book harian penerimaan sampah B3.

Tim selanjutnya meninjau Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) untuk mengecek cara kerja dan prosedur yang dilakukan dalam pengolahan limbah cair di RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi.

Selain itu tim juga meninjau kebersihan di area poliklinik dari mulai ruang tunggu pasien, kebersihan toilet, fasilitas untuk disabilitas, hingga pemilahan tempat sampah medis dan non medis.

Terakhir tim penilai meninjau tempat pembuangan sementara sampah domestik atau sampah non medis di area gedung E.

Dalam tinjauannya tim penilai mengusulkan agar tempat pembuangan sampah domestik tidak hanya untuk penampungan sampah saja, tetapi RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi dapat mengelola sampah yang dapat diolah seperti sampah sisa-sisa makanan dan sejenisnya dengan menyekat tempat pembuangan sampah untuk lahan pengelolaan sampah.

“Jika ada tempat pengelolaan sampah tersebut menjadi nilai tambah bagi rumah sakit, dan pengelolaannya juga bisa kerjasama dengan dinas lingkungan hidup kota bekasi”, ucap salah seorang penilai.

Diketahui tim penilai yang didampingi oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi sebelum survey ke RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid terlebih dahulu meninjau Stasiun Bekasi dan Hutan Kota Bekasi.

Adipura adalah sebuah penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia. (Oji-HPI)

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *