RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi Jadi Wahana Unggulan Program Internsip Dokter Indonesia

Kota Bekasi – Komite Internsip Dokter Indonesia (KIDI) pusat yang merupakan Lembaga bentukan Menteri Kesehatan dan memiliki tugas menjalankan program internsip dokter di Indonesia mengadakan kegiatan Seminar Pendamping Penyegar Program Internsip Dokter Indoenasia (PIDI).

Salah satu dalam kegiatan tersebut adalah mengunjungi Wahana PIDI unggulan di Jawa Barat, dan yang menjadi wahana unggulan salah satunya adalah RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi atau lebih dikenal dengan nama RSUD Kota Bekasi.

Dalam kegiatan Field Trip ini Peserta Seminar Pendamping Penyegar PIDI yang merupakan Dokter Pendamping dari berbagai wahana di Indoenasia diterima oleh Kepala Bidang Pelayanan dr. Ellya Niken Prastiwi, MKM., MARS didampingi Dokter Pendamping PIDI RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid yakni dr. Richard Sabar Nelson Siahaan, M.Si dan dr. Corry Christina H.

dr. Richard secara singkat menjelaskan tentang profil RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi lalu melanjutkan dengan menjelaskan PIDI yang telah berjalan 3 tahun terakhir di RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid.

dr. Richard menjelaskan Kegiatan aktual internsip di RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid dilaksanakan selama 8 bulan dengan pembagian 4 bulan di IGD dan 4 bulan lainnya di Ruang Rawat Inap, Poliklinik dan Kamar Operasi Minor.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan untuk pertemuan antara Dokter Internsip dengan Dokter Pendamping dilaksanakan rutin setiap minggunya dengan kegiatan pembahasan Standar Operasional Prosedur (SOP), Pembahasan Panduan Praktek Klinis RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid, Laporan Kasus, sampai dengan Evaluasi Kegiatan dan kinerja peserta (permasalahan dan target) periode sebelumnya.

Setelah pemaparan materi yang disampaiakan dr. Richard Peserta Seminar Pendamping Penyegar PIDI turun untuk berkunjung melihat beberapa layanan diantaranya ICU, PICU, dan IGD.

Kegiatan Field Trip ini dilaksanakan selama 2 hari yakni hari ini Senin (10/12/2018) dan Selasa (11/12/2018) dengan 2 gelombang dan peserta tiap gelombang sebanyak 50 sampai 60 orang.

Wahana unggulan PIDI di Jawa Barat yang dijadikan kegiatan field trip sebanyak 5 wahana yaitu RSUD Cibinong Bogor, RSUD Ciawi Bogor, RSUD Kota Bogor, RS Mekar Sari Kota Bekasi dan RSUD Kota Bekasi.

Dalam kegiatan ini turut dihadiri oleh Ketua KIDI Jawa Barat, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Bekasi, Perwakilan Dinas Kesehatan Kota Bekasi, dan Peserta PIDI RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi. (Oji – HPI).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *