RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Rutin Adakan Kegiatan Donor Darah

Kota Bekasi – RSUD dr. Chabsullah Abdulmadjid Kota Bekasi bekerjasama dengan Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (UTD PMI) Kota Bekasi rutin megadakan kegiatan Donor Darah setiap 3 bulan sekali.

Kegiatan kali ini, Selasa (27/11/2018) dilaksanakan di Ruang ex. Gudang Farmasi di lantai 2 gedung C mulai pukul 09.00 sampai dengan 13.00 WIB.

Ketua Panitia H. Rahmatullah yang merupakan pensiunan RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi mengatakan dalam kegiatan kali ini UTD PMI berhasil mengumpulkan 49 Kantung Darah dari total yang mendaftar sebanyak 62 calon pendonor dan sebagain besar merupakan pegawai RSUD.

“13 orang yang tidak diperbolehkan donor yaitu 2 orang dikarenakan tensi, 8 orang dikarenakan HB, dan 3 orang dikarenakan penyakit, sedangkan untuk 62 labu darah yang berhasil terkumpul diantaranya 7 labu darah golongan darah A, 17 labu darah golongan darah B, 21 labu darah golongan darah O, dan 4 labu darah golongan darah AB”, sambungnya.

Lebih lanjut Rahmatullah menjelaskan tahapan untuk donor darah pertama calon pendonor mengisi formulir, lalu menimbang berat badan, periksa HB darah, periksa tensi, setelah semua disetujui barulah seorang pendonor ke bed yang telah disediakan untuk pengatafan atau pengambilan darah.

“Persyaratan pendonor ialah Usia 17-60 tahun, Berat badan minimal 45 kg, Temperatur tubuh 36,6 – 37,5 derajat Celcius, Tekanan darah baik yaitu sistole = 110-160 mmHg, diastole = 70-100 mmHg, Denyut nadi teratur yaitu sekitar 50-100 kali/menit, Hemoglobin perempuan minimal 12 gram, sedangkan untuk laki-laki minimal 12,5 gram, Jumlah penyumbangan per tahun paling banyak 5 kali dengan jarak penyumbangan sekurang-kurangnya 3 bulan”, jelasnya.

“Pengambilan darah sendiri sebanyak 250 cc, di dalam labu darah sudah terdapat anticoagulan sebanyak 50 cc yang berfungsi agar darah tersebut tidak rusak sampai dengan 35 hari di dalam blood bank dengan suhu 2 derajat celcius sampai 6 derajat celcius”, terangnya.

Saat ditanya mengapa dirinya masih aktif dalam kegiatan di RSUD beliau menjawab “Kegiatan ini merupakan kegiatan yang baik, jadi segala sesuatu yang baik harus dijaga dan jangan sampai hilang bila perlu ditingkatkan, jadi selama saya ada waktu saya sempatkan terlibat dalam kegiatan ini”, tutupnya.

Sementara itu Iwan Kartiwan yang merupakan Wakil Ketua Kegiatan Donor Darah Rutin mengungkapkan tujuan diadakannya kegiatan ini selain kegiatan yang rutin dilaksankan 3 bulan sekali juga demi memenuhi kebutuhan darah khususnya di Kota Bekasi, sesuai dengan motto PMI “setetes darah anda, nyawa bagi sesama”. (Oji – HPI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *