WhatsApp-Image-2022-12-11-at-17.47.13

RSUD Menjadi Tempat Pelaksanaan Kegiatan Operasi Katarak Gratis Dari Kemensos

Kota Bekasi – Kementerian Sosial (Kemensos) bekerjasama dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) dan Pemerintah Kota Bekasi menyelenggarakan kegiatan operasi katarak gratis yang dilaksanakan di RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi, Minggu (11/12/2022).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional Tahun 2022, dalam balutan program “Indonesia Melihat, Indonesia Mendengar, dan Indonesia Melangkah”.

Direktur Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia Kemensos drs. Supomo, MM mengatakan Program Indonesia Melihat menargetkan setidaknya sebanyak 3.100 orang terjaring dan ikut dalam operasi katarak dari 31 titik wilayah di Indonesia.

“Alhamdulillah hari ini Kementerian Sosial bekerjasama dengan Perdami dan Pemkot Bekasi dapat menyelenggarakan kegiatan operasi katarak di RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid dengan peserta terdaftar sebanyak 54 orang dan Kota Bekasi menjadi Kota ke 7 dalam program ini”, terangnya.

Sementara itu Plt. Wali Kota Bekasi Dr. Tri Adhianto mengungkapkan rasa syukurnya kegiatan ini dapat terlaksana, dan ini merupakan bentuk perhatian pemerintah terhadap warga masyarakatnya.

Direktur RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi dr. Kusnanto Saidi, MARS mengatakan dikarenakan kegiatan ini dilaksanakan di hari libur, maka kamar operasi di lantai 5 seluruhnya digunakan untuk kegiatan ini, dan apabila ada operasi yang sifatnya cito atau harus segera bisa menggunakan ruang operasi IGD lantai 1.

“Total ada 15 operator atau dokter spesialis mata yang menangani operasi katarak ini, dan ada koas serta dokter intenship yang ikut membantu secara non teknis dalam kegiatan ini”, tutupnya.

Dalam kegiatan ini Kementerian Sosial dan Pemerintah Kota Bekasi memberikan bingkisan berupa paket sembako kepada 54 peserta operasi katarak.

Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua Perdami Cabang Kota Bekasi dr. Riki Tsan, Sp.M, Kepala Dinas Kesehatan Tanti Rohilawati, SKM., M.Kes dan Ketua IDI Cabang Kota Bekasi yang sekaligus menjabat sebagai Wakil Direktur Pelayanan RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi Dr. dr. Ellya Niken Prastiwi, MKM., MARS. (Oji – HPI).

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *