WhatsApp-Image-2022-10-10-at-12.30.59

Sambut Hari Kesehatan Jiwa Sedunia, RSUD CAM Adakan Bincang Kesehatan Jiwa

Kota Bekasi – Setiap tanggal 10 Oktober diperingati sebagai hari kesehatan jiwa sedunia atau World Mental Health Day, di tahun ini hari kesehatan jiwa sedunia mengambil tema “Menjadikan Kesehatan Mental & Kesejahteraan untuk semua sebagai prioritas global”.

Untuk menyambut Hari Kesehatan Jiwa Sedunia ini RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid mengadakan seminar online dengan narasumber dokter spesialis kesehatan jiwa yang berpraktek di RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid, Senin (10/10/2022).

Kegiatan yang diberi nama Bincang Sehat Jiwa ini diikuti oleh beberapa masyarakat dan komunitas dari komunitas peduli skizofrenia Indonesia yang merupakan kelompok dukungan untuk orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa dr. Chrisna Mayangsari, Sp.KJ yang menjadi narasumber dalam kegiatan ini mengungkapkan kesehatan jiwa sama pentingnya dengan kesehatan fisik, dan manusia terdiri dari tubuh, jiwa dan roh, semuanya harus dalam kondisi selaras dan sehat.

“Masalah kesehatan jiwa tidak hanya dialami oleh orang dewasa saja, tetapi bisa dialami sepanjang kehidupan manusia mulai masa kanak sampai usia lanjut dan gangguan jiwa yang paling banyak dialami dari mulai remaja hingga usia lanjut adalah depresi”, jelasnya.

Lebih lanjut dr. Chrisna menyampaikan tidak ada kesehatan tanpa kesehatan jiwa, maka jadikanlah kesehatan jiwa menjadi prioritas seperti halnya kesehatan fisik.

Sementara itu Pendiri sekaligus Pendiri Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia Bagus Utomo mengajak para pendamping ataupun masarakat yang peduli dengan ODGJ untuk terus mendukung dan mengajak berkonsultasi atau berobat ODGJ tersebut ketempat yang tepat yaitu dokter spesialis kesehatan jiwa.

“Pengalaman saya adalah mendampingi kakak kandung saya untuk berobat, dan alhamdulillah kakak saya sudah berangsur membaik, apalagi sekarang ada BPJS yang menjamin pengobatan untuk ODGJ”, terangnya.

Kegiatan ini diadakan oleh Instalasi Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi. (Oji-HPI).

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *