Sambut HGN ke 59 RSUD Adakan Penyuluhan Kadarzi

Kota Bekasi – Dalam rangka menyambut Hari Gizi Nasional (HGN) ke-59 yang jatuh tanggal 25 Januari setiap tahunnya RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi mengadakan Kegiatan Penyuluhan Gizi di Ruang Tunggu Poliklinik Anak, Gigi, Mata dan THT Gedung B lantai 2, Rabu (23/1/2019).

Hj. Helsy Diah P, DCN yang merupakan Ahli Gizi RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi menjelaskan Keluarga Sadar Gizi (Kadarzi) adalah keluarga yang berperilaku gizi seimbang, mampu mengenali dan mengatasi masalah gizi anggotanya.

“Ada 5 indikator Kadarzi yakni Biasa makan beraneka ragam makanan, Selalu memantau kesehatan dan pertumbuhan anggota keluarganya, Biasa menggunakan garam beryodium, Berikan ASI Eksklusif sampai usia 6 bulan, Mendapatkan dan memberikan suplemen gizi kepada anggota keluarga yang membutuhkan”, Terangnya.

“Biasakan Makan 2-3 kali sehari yang terdiri dari 4 macam kelompok bahan makanan yaitu makanan pokok sebagai sumber zat tenaga, Lauk pauk sebagai zat pembangun, Sayuran dan Buah-buahan sebagai sumber zat pengatur”, pesannya.

Lebih lanjut Helsy menjelaskan Kebutuhan zat gizi pada kelompok bayi, balita, ibu hamil dan ibu menyusui meningkat dan seringkali tidak bisa dipenuhi dari makanan sehari-hari, Contoh suplemen tambahan yang diberikan adalah kapsul vit. A untuk balita, zat besi untuk ibu hamil dan yodium untuk penduduk di daerah endemis gondok.

“Perlu diingat Apabila kebutuhan zat-zat gizi tersebut sudah dipenuhi dari pengkayaan makanan, maka suplementasi zat gizi dapat dihentikan secara bertahap”, jelasnya.

Kepala Instalasi Gizi RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi Saefudin, S.Gz mengatakan “sosialisasi ini merupakan serangkaian acara menyambut Hari Gizi Nasional ke-59, dan puncak dari perayaan Hari Gizi Nasional nanti tanggal 25 Januari 2019 ada acara konsultasi gizi gratis di lobby gedung B”.

Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan status gizi masyarakat khususnya pengunjung RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid golongan rawan gizi yaitu ibu hamil, ibu menyusui, dan anak balita dengan mengubah perilaku masyarakat kearah yang baik sesuai dengan prinsip ilmu gizi. (Oji – HPI)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *