psc

Sharing dan Evaluasi Pelayanan Call Center PSC 119

Dalam upaya memperlancar pelayanan Call Center dan Public Service Center (PSC) 119, Jajaran Pelayanan RSUD dr.Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi mengadakan acara sharing dan evaluasi pelayanan call center di Hall C RSUD dr.Chasbullah Abdulmadjid, Rabu (4/4).

PCS 119 Merupakan layanan emergency medik di Indonesia yang Menggunakan kode akses 119 (layanan bebas pulsa) pada telepon yang langsung terhubung dengan National Command Center (NCC) milik Kementrian Kesehatan RI dan di transfer ke Pusat Pelayanan Keselamatan Terpadu/Public Safety Center = pusat pelayanan kegawatdaruratan Milik Pemerintah Daerah yang dapat dihubungi dalam waktu singkat.

Acara yang dihadiri oleh Jajaran Pelayanan, Kepala Ruangan, dan Instalasi IGD ini berlangsung selama 3 jam dengan memaparkan materi tentang Pelayanan Call Center oleh Asnawati, S.Kep, Pelayanan PSC oleh Hari Nataliya, S.Kep, dan Penjelasan Media Komunikasi Komunitas oleh Yoyo Suhyo, dan dilanjutkan dengan Sharing.

Dalam sesi sharing tersebut salah seorang petugas Call Center Yadih Jaswadi mengatakan “untuk panggilan dari PSC 119 masih jarang sehari paling 1 sampai 2 panggilan, tetapi untuk panggilan Call Center RSUD sendiri banyak sekali sampai-sampai kewalahan”.

lebih lanjut ia menjelaskan panggilan telepon 119 itu masuk terlebih dahulu ke NCC Kemenkes, lalu di teruskan ke PSC yang dimiliki oleh Pemerintah Daerah sesuai dengan tempat kejadian atau lokasi penelepon sehingga pasien bisa cepat mendapatkan pertolongan.

“Jika ada kejadian yang memerlukan pertolongan ambulance dan tenaga kesehatan kita langsung menghubungi Tim SPGDT (Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu) untuk memberikan pertolongan dan langsung menuju ke lokasi kejadian”, tutupnya. (Oji – HPI)

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *