Wali Kota Bekasi Ikuti Kegiatan Senam Sparko dan Peluncuran Buku Sejarah RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid

Kota Bekasi – Mengawali aktifitas pagi di awal bulan februari, Wali Kota Bekasi Dr. Rahmat Effendi didampingi Wakil Wali Kota Bekasi Dr. Tri Adhianto, Sekretaris Daerah Kota Bekasi, Dr. Hj Reny Hendrawati, Direktur RSUD dr. Chasbullah Kota Bekasi, dr. Kusnanto Saidi, MARS, Dandim 0507 BKS, Camat dan Lurah se Kota Bekasi beserta jajaran SKPD, KODIM dan Polres Metro Bekasi Kota melaksanakan kegiatan Senam Spartan Komando (Sparko) di halaman RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi, Jum’at (1/2/2019).

Senam Sparko beberapa minggu ini dilaksanakan di Stadion Patriot Chandrabhaga Kota Bekasi yang direncanakan  rutin digelar seminggu dua kali untuk menjaga kebugaran pejabat di lingkungan pemerintah Kota Bekasi, dan khusus untuk hari ini dilaksanakan di RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi sekaligus dengan launching buku sejarah RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid yang ditulis oleh Sejarawan bernama Ali Anwar.

Sparko adalah jenis olahraga bergaya militer yang memiliki berbagai jenis gerakan, mulai dari jogging, push up, sit up yang dilakukan sebanyak 10 hingga 15 kali hitungan sebanyak 2 sampai 3 set setiap gerakan.

Wali Kota Bekasi, Dr. Rahmat Effendi mengatakan kegiatan senam Sparko bersama ini kerap kali dilakukan oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) untuk menjalin kekompakan antar Pimpinan Daerah dan memasyarakatkan olahraga.

“Jumat ini, Kita lakukan di halaman RSUD. Kita sudah dua minggu ini rutin senam Sparko bersama Forkopinda, ini untuk jalin kekompakan antar pimpinan serta para jajaran dan ini juga bagian dari memasyarakatkan olahraga, terus kita Kampanyekan pola hidup sehat,” ujar Wali Kota Bekasi.

Ditempat yang sama Dandim 0507 Bekasi mengatakan, walaupun terbilang olahraga yang cukup berat, banyak manfaat bagi kesehatan yang dapat diperoleh setelah melakukan senam Sparko.

“Ini memang senam bergaya militer, dan ini olahraganya Kopasus, memang terbilang cukup berat namun saat ini banyak juga masyarakat yang minat mencoba olahraga ini. Tentunya banyak manfaat bagi kesehatan,” ujar Dandim 0507 Bekasi.

Setelah melaksanakan senam sparko dilanjutkan dengan penadatanganan perjanjian kerjasama antara RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi dengan BPJS Ketenagakerjaan yang disaksikan langsung oleh Wali Kota Bekasi, dan diteruskan dengan peluncuran buku sejarah RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi.

Penulis Buku Sejarah RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi menjelaskan dirinya diminta oleh Direktur RSUD dan Wali Kota Bekasi untuk mencari tanggal lahir atau hari jadi RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid atau yang lebih dikenal dengan RSUD Kota Bekasi.

“Saya mendatangi perpustakaan nasional dan saya menemukan Bataviaasch Nieuwsblad tanggal 6 Februari 1939, dan didalam koran itu disebutkan bahwa pada hari sabtu tanggal 4¬†Februari 1939 diresmikannya Rumah Sakit Bekasi”, terangnya.

“Dan yang hadir dalam peresmian itu tidak hanya pejabat bekasi, tetapi sampai kerasidenan batavia, dan juga dihadiri oleh gubernur jawa barat yang diwakili oleh istrinya”, sambungnya.

“Jadi tanggal 4 Februari nanti merupakan hari jadi RSUD Kota Bekasi yang ke 80, disaat RSUD yang lain usianya masih muda, ternyata RSUD Bekasi usianya sudah tua”, pungkasnya. (Oji – HPI).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *