Hari Terakhir Penilaian, Surveior Akreditasi Acungi Jempol Kekompakan Pegawai RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid

Kota Bekasi – Jum’at (25/10/2019) merupakan hari terakhir penilaian akreditasi rumah sakit di RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi yang dilaksankan oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

Hari terakhir penilaian ini diawali dengan penyajian temuan kekurangan-kekurangan oleh surveior yang ditugaskan oleh KARS untuk menilai RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi, dan langsung diklarifikasi oleh Direktur RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi.

Direktur RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi dr. Kusnanto Saidi, MARS menjawab semua temuan surveior dengan menampilkan perbaikan yang telah dilakukan selama penilaian akreditasi berlangsung dengan mempresentasikan perbaikan tersebut dihadapan surveior.

dr. Kusnanto mengungkapkan seluruh catatan temuan dari awal penilaian hari senin (21/10/2019) hingga hari kamis (24/10/2019) sudah dicatat dan dirinya berupaya untuk segera memperbaiki temuan-temuan tersebut dengan harapan bisa meraih hasil paripurna dalan penilaian akreditasi ini.

Setelah pemaparan dan klarifikasi, keenam surveior melakukan rapat internal untuk membuat kesimpulan penilaian yang akan dilaporkan ke Komisi Akreditasi Rumah Sakit dan dilanjutkan dengan penutupan atau yang biasa mereka sebut dengan exit conference.

Dalam exit conference surveior mengacungi jempol untuk kekompakan dari seluruh tim kelompok kerja (pokja) Akreditasi dan Direksi RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi terlebih Dewan Pengawas yang hadir dari awal penilaian hingga akhir penilaian.

Dalam exit conference Ketua Tim Surveior dr. H. Soeparman Sidik menjelaskan ada empat tingkatan hasil penilaian akreditasi, yang pertama adalah tingkat dasar, yang kedua tingkat madya, yang ketiga tingkat utama dan yang paling tinggi adalah tingkat paripurna.

“Hasil penilaian selama lima hari ini akan langsung kami laporkan ke KARS, dan untuk hasilnya akan diumumkan oleh KARS paling cepat satu minggu”, terangnya.

Sementara itu Ketua Dewan Pengawas RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi Drs. Hamonangan Simarmata, MM dalam sambutannya mengatakan, pada akreditasi versi 2012 sebelumnya RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid telah berhasil meraih akreditasi tingkat paripurna, dan dirinya yakin penilaian akreditasi versi SNARS ini dapat kembali meraih predikat paripurna.

Kegiatan penilaian akreditasi ditutup dengan penampilan tarian cuci tangan dari pegawai RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi dan penampilan Wakil Direktur Pelayanan drg. Tetty D.S Manurung, M.Si yang berprofesi sebagai penyanyi profesional. (Oji – HPI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *