WhatsApp-Image-2022-09-24-at-05.13.49

Siaga Bencana Kebakaran, Instalasi K3LRS Sosialisasi Penggunaan APAR

Kota Bekasi – Dalam rangka kesiapsiagaan terhadap bencana kebakaran, Instalasi Kesehatan dan Keselamatan Kerja Lingkungan Rumah Sakit (Instalasi K3LRS) mensosialisasikan cara penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) kepada pegawai saat apel pagi, rabu (21/9/2022).

Kepala Instalasi K3LRS Suherman, SKM menjelaskan tahapan penggunaan APAR yaitu dengan rumus TATS yang bermakna T pertama adalah Tarik kunci pengaman APAR, lalu A adalah Ambil nozel atau selang dan arahkan ke sumber api, kemudian T kedua adalah Tekan tuas untuk mengeluarkan isi APAR, yang terakhir adalah S yaitu Semprot atau Sapukan dari sisi ke sisi.

“Yang perlu diperhatikan ketika terjadi kebakaran dan memadamkan api dengan APAR adalah perhatikan arah angin, posisi kita tidak boleh berhadapan melawan arah angin, harus searah dengan arah angin, dan jarak untuk pemadaman api dengan APAR ini efektifnya adalah satu setengah meter hingga dua meter”, terangnya.

“Dalam bencana kebakaran ada tiga level api kebakaran, level pertama api dapat dipadamkan dengan menggunakan APAR, level kedua api dapat dipadamkan dengan hydran dan APAR, sedangkan level ke tiga sudah harus memanggil tim pemadam kebakaran”, jelasnya.

APAR yang digunakan dalam simulasi ini berjenis serbuk kimia (Dry Chemical Powder), sedangkan jenis APAR bermacam macam yaitu APAR jenis air, APAR jenis busa, APAR jenis karbon dioksida, dan APAR jenis serbuk kimia.

Lebih lanjut Suherman mengungkapkan tanggal 4, 5, dan 6 oktober 2022 dari Instalasi K3LRS akan melaksanakan kegiatan pelatihan bencana kebakaran untuk seluruh pegawai RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi.

Sosialisasi yang dilaksanakan di halaman parkir gedung A RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi ini tim dari K3LRS menurunkan tiga APAR untuk simulasi bagi pegawai dalam menghadapi bencana kebakaran. (Oji-HPI)

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *