Tim IGD Berikan Pelatihan Singkat BHD Kepada Pegawai RSUD

Kota Bekasi – Ada yang berbeda saat apel pagi Selasa (17/10/2017), setelah apel pagi selesai Tim dari Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD dr.Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi memberikan pelatihan dan pengetahuan singkat mengenai Bantuan Hidup Dasar (BHD) kepada Pegawai RSUD dr.Chasbullah Abdulmadjid.

Kepala Bidang Pelayanan RSUD dr.Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi yang sekaligus menjadi Sekretaris Tim Akreditasi dr.Ellya Niken Prastiwi, MKM Mars mengatakan “Pelatihan┬áBHD ini sebenarnya sudah pernah diberikan kepada seluruh pegawai RSUD satu tahun yang lalu, jadi pelatihan singkat ini bertujuan untuk merefresh pegawai RSUD yang harus mampu melakukan BHD sekaligus mempersiapkan akreditasi ulang pada tanggal 7 dan 8 November mendatang”.

Pelatihan singkat ini dikomandoi oleh Kepala Ruang IGD Ns. Jajang Firdaus, S.Kep dengan menjelaskan tahap-tahap BHD yang harus dilakukan jika menjumpai korban yang mengalami henti nafas dan henti jantung di lingkungan RSUD dr.Chasbullah Abdulmadjid.

Bantuan Hidup Dasar adalah usaha yang dilakukan untuk menjaga jalan nafas (airway) tetap terbuka, menunjang pernafasan dan sirkulasi dan tanpa menggunakan alat-alat bantu dengan cara Resusitasi Rantung Paru (RJP).

Tujuan Bantuan Hidup Dasar ini adalah memberikan bantuan dengan cepat mempertahankan pasok oksigen ke otak, jantung dan alat-alat vital lainnya sambil menunggu pengobatan lanjutan. (Oji – HPI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *